Selasa, 15 Juli 2014

Modif Mitsubishi Lancer Evolution 4 GSR : Ganti Evo Buat Harian

Jakarta, BosMobil.com - Rafsanjani Saputra, pemuda yang masih kuliah ini memang hobi mengikuti balap lurus atau drag race. Dulunya, mobil doi All New Honda Jazz yang sudah terkena sentuhan modifikasi pada mesinnya, sehingga pernah mencetak waktu 15,6 detik di drag race Sentul 402 meter.


Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR

“Iya bang, Jazz gua dulu udah gak bisa diapa-apain lagi. Kalo mau dilebihin, takutnya gak bisa dipake harian,” buka cowok yang akrab dipanggil Anja nih. “Nah gue ganti Evo ini biar bisa lebih kenceng aja, dan pastinya bisa dipake harian,” ucap Anja.


Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR

Seperti pepatah ‘ada udang dibalik batu’. Apaan tuh... Maksudnya, secara kebetulan sekali Anja ditawarkan oleh temannya mobil Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR dengan keadaan standar. “Sebenarnya tuker tambah sama Jazz ini. Ya mumpung ada, langsung aja. Ini Evo standar banget, cuma modal piggyback doank,” tegasnya.


Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR

600 HP ++

Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR dari lahir sudah dibekali mesin bertenaga sekitar 280 HP, belum lagi fitur 4WD dan bla bla bla lainnya sehingga menjanjikan performa ke pemiliknya. Namun Anja pun tidak membiarkan saja keadaan standar tersebut.


Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR

Resep modifikasi yang lumayan ekstrim pun langsung dijalankan. Internal mesin berkode 4G63T
langsung dijejali performance parts, seperti ganti kruk-as yang mengakibatkan kapasitas silinder melonjak menjadi 2.336 cc, piston, klep, per klep, kem 272, bla bla bla duar (baca spek bos).


Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR

Kemudian untuk turbonya mengandalkan Turbo Garrett GTX3582R dengan ukuran yang lebih besar untuk mengimbangi pergantian internal mesin. Makanya header standar juga harus diganti, yang kali ini pakai GT35, kemudian pipa-pipa turbo, intake manifold Velocity, throttle body S90 Performance, pipa knalpot 3 inci dan lainnya.


Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR
Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR

Ubahan yang cukup banyak untuk meningkatkan performa tentunya harus diimbangi dengan suplay bensin ke mesin. Injektor standar harus minggat, gantinya berukuran 1.050 cc. Kemudian ditambahkan fuel rail dan fuel pressure regulator AEM, serta fuel pump 400 lph. Seluruh sistem diatur oleh Haltech Platinum Sport 1000.


Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR
Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR


Terakhir diukur di atas mesin dyno, tenaga Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR berwarna putih ini melonjak hingga 644 HP dengan penggunaan bahan bakar bensol. “Sekarang setting-an lagi dibikin banjir dulu dan pake pertamax plus karena masih awal-awal biar aman mesinnya. Boost-nya 1,5 bar, tenaga sekarang 575 HP,” jelasnya.

Mitsubishi Lancer Evolution IV GSR


“Kemarin ikut drag race Sentul dapet 11,7 detik bang. Itu masih pake pertamax plus,” ungkapnya. Udah cukup bang? “Spek sih ini aja dulu, paling naikin boost sama pake bensol. Tapi kalau ada duit mau juga tuh upgrade,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar